November 30, 2010

El Clasico

El Clasico
El Clasico, itu adalah istilah pertarungan di lapangan hijau yang penuh emosional dan sejarah panjang di belakangnya antara dua seteru abadi. Perseteruan ini mempertemukan dua raksasa Spanyol, Barcelona dengan Real Madrid.

Ke dua klub ini sering bertemu dalam berbagai level kompetisi sepakbola, La Liga , Copa del Rey sampai Liga Champion. Di manapun pertemuan ini terjadi dapat dipastikan akan menyajikan pertarungan yang sengit dan pasti dibumbui drama penuh emosional.
Perseteruan abadi ini bukan hanya terjadi di dalam lapangan tapi juga sampai ke fans, bahkan sampai masuk wilayah sosial-politik masing-masing, Barcelona dan Madrid.


Kalau dilihat sejarahnya, Barcelona dan Madrid adalah dua kota terbesar di Spanyol, Madrid sebagai ibu kota negara sedangkan Barcelona adalah wilayah yang menentang sentralisme ala Madrid. Real Madrid adalah simbol kemewahan dan kemegahan Ibu kota sedangkan Barcelona adalah identitas dan kebanggaan warga Catalan, yang selama masa kediktatoran rezim Franco selalu tertindas dengan Fasismenya. Pada masa itu, warga Catalan adalah penentang paling kuat dari rezim fasis ini yang bermarkas di Madrid. Bahkan dahulu, para pemain FC Barcelona ikut bergabung dalam oposisi menentang rezim tersebut.
Sejarah itu akan selalu menjadi pemicu perseteruan abadi hingga zaman sepak bola modern sekarang. Kedua klub ini merupakan klub terbaik di Spanyol bahkan bisa dibilang di dunia. Dua klub ini selalu dipenuhi oleh para pemain dunia kelas wahid karena memang memiliki daya magnet luar biasa untuk menarik pemain bintang bergabung di dalamnya selain itu juga dua klub ini memiliki kemampuan finansial yang besar didunia.

Laga el clasico memang selalu menjadi sorotan mata diberbagai belahan dunia, permainan atrakatif dengan skil tinggi baik skill individu maupun kolektivitas permainan. Sejarah mencatat duel El Clasico 30 Nov 2010 menyajikan pertarungan seru , adu taktik dan teknik permainan. Laga tersebut juga menjadi pembuktian dua bintang Leonel Messi dengan si CR7 Ronaldo. Akhirnya duel tersebut dimengi oleh Barcelona dengan mempecundangi Madrid dengan skor telak 5-0..."Baravo Barca"...Kita tunggu balas dendam Madrid dalam laga El Clasico berikutnya.




Kalau boleh sedikit di mirip-miripkan dengan El Clasico nya Spanyol, Kita juga punya laga penuh emosional Indonesia vs Malaysia dalam AFF 2010, 01 Des 2010 nanti malam di Glora Bung Karno. Perseteruan politik antara kedua negara tetangga yang katanya serumpun ini sudah sejak lama terjadi, mulai dari zaman Soekarno dengan istilah "Ganyang Malaysianya", perseteruan blok perbatasan , pengakuan khasanah budaya Indonesia hingga sekarang ini permasalahan TKI Indonesia yang seringkali terdengar diperlakukan tidak semestinya oleh Malaysia. Sejarah panjang ini bisa dipastikan menjadi bumbu emosional perseteruan laga nanti malam. Laga Indonesia vs Malaysia sudah seringkali terjadi dalam berbagai level kompetisi sepak bola. Dari berbagai level kompetisi tersebut statistik kemenangan masih lebih baik Indonesia dibandingkan Malaysia.
Menurut kabar yang ada, pendukung Malaysia sudah membeli lebih dari 5 ribu tiket masuk Glora Bung Karno nanti malam untuk memberikan dukungan kepada team mereka. Para pecinta sepak bola Indonesia juga pasti siap mendukung mati-matian Team Indonesia dalam laga nanti malam. Semoga laga El Clasico Indonesia Vs Malaysia dapat menyajikan permainan atraktif dan indah seperti El Clasico Barcelona vs Real Madrid.

Sedikit kata semangat untuk El Clasico Indonesia vs Malaysia
...Kita jaga Sportivitas , Fair Play & No Anarki...

Garuda di Dadaku...Garuda Kebanggaanku...Ku Yakin Hari ini Pasti Menang!!!!

No comments:

Post a Comment